Kreativitas Profesi Pramuwisata di Era Covid 19


Editorial Mcnews (13/9) – Anugerah ilahi kepada pramuwisata Indonesia antara lain mudah beradaptasi menemukan minatnya dan mencari solusi dalam usaha dan layanan guiding tak terbatas pada menyenangkan orang lain. Termasuk mudah belajar dalam urusan paling pribadi yakni beribadah kepada Sang Maha Kuasa. Ciri profesi kita di samping; memandu, mengarahkan, menginformasikan, menjaga, memimpin, menerjemahkan, memberi, menunjukkan, menginterpretasi, dan menginspirasi orang lain atas kebaikan dan kemanfaatan. Jadi ketika tiba saat pandemi Covid-19 menerpa profesi apakah Tour Guide (TG) merubah visi dan kompetensinya, mereka pandai keluar dari Zona Nyaman memperbaiki keadaan. 

Tema Rapat Kerja Nasional (Rakernas) daring mendatang (5/10) “Penguatan Kapasitas Pramuwisata di Era Pandemi” menegaskan sifat, kemandirian, konstruksi, dan kapasitas kerja Pramuwisata. Kreativitas adalah roh asasi yang tercermin di jabaran pasal-pasal konstitusi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dalam usaha meraih tujuan. Sejak Rakernas Palembang (1988) perkumpulan HPI merubah namanya dari Himpunan Duta Wisata Indonesia. Sejatinya justru meneguhkan tekad dan cermin para pribadi yang loyal kepada standar profesionalitas kerja. Bahkan sejak 1969 telah beroperasi TG melayani kunjungan turis asing ke banyak daya tarik wisata Nasional. Merekalah duta guru bangsa sebenarnya yang telah memiliki keyakinan, kapasitas ilmu, standar layanan, dan kemampuan mengajarkan kepada klien publik dunia.

Dari diskusi awak Mcnews ihwal konstitusi HPI terungkap tata organisasi sesungguhnya mengajarkan jalan keseimbangan, kesejahteraan, dan harmoni pola kerja profesional. Sayang, problema aktivis HPI tak beranjak dari buruknya pola pikir, tata kelola, dan komunikasi kerja dalam meraih tujuan ideal melalui pasal-pasal AD-ART-PO, pedoman Etika Profesi, dan SOP standar protokol guiding. Konstruksi ini memberi solusi praktis kepribadian dan kreativitas tak terbatas bagi Pramuwisata sekaligus dalam berkarya, berorganisasi, dan bersinergi secara cerdas bersama ragam kolega kepentingan bahkan melestarikan lingkungan sekitar. Mari bercermin membaca lagi ide pembangunan kepariwisataan, gotong-royong, sustainable tourism telah melekat di banyak TG Senior di seluruh Negeri. 

Jadi internal SDM pramuwisata menebar kekayaan inovasi bahkan prestasi yang tak sekedar mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Khususnya di era pandemi Covid-19 tergelar kolega TG yang berbisnis online di Lapak HPI Nasional, memunculkan hobi terpendam di fotografi, hortikultura, tulis menulis, olahraga, seni musik, teknik mengerek Search Engine Optimization (SEO) website, kriya, kuliner, dan lainnya. Maka kajilah, baca, dan bersilaturahim mengunjungi Sahabat rahim jaringan dan pemikiran sekedar menelaah dan mencari tahu tips sukses Guide para pahlawan ujung tombak layanan wisata ini. Tentu akan bermanfaat saling menguatkan profesi dan usaha jasa pramuwisata demi perjalanan jauh ke depan membangun impian destinasi nasional bersama. 

Seperti disebut dalam UU Kepariwisataan 10/2009 bahwa TG adalah unsur utama badan promosi pariwisata, kinilah saatnya berkarya nyata membalik keadaan 12.000 Anggota HPI menjadi potensial winners mengatasi pandemi dari minatnya masing-masing. Alhamdulillah, blessing Covid-19 ternyata melahirkan buku Multilevel Learning, Sinergi Belajar bagi Pramuwisata Indonesia, dirterbitkan Brilian Internasional Surabaya sebagai pemenang kelima Lomba Menulis Nasional 2020 dari 162 naskah buku yang ditera kompetensi lima guru besar di bidangnya. Buku cetakan terbatas seharga Rp 125k ini mempertemukan pengalaman marketing dengan kepramuwisataan, isinya layak memicu semangat kerja di lapangan juga membuktikan kultur guiding itu keluar dari Zona Rumah kenyamanan.

Percayalah Media Center News HPI berusaha memfasilitasi profesi dan usaha jasa pramuwisata, karena profesi ini berperan sentral berada di pusat ekosistem industri kepariwisataan. Stadar kompetensi guiding mempertemukan idealisme akademik dan dunia vokasi. Fokus media ini tetap di jalur pariwisata dan kepariwisataan, bilkhusus paket wisata penghubung kepada organisme HPI. Profesi ini melihat dalam hal kepariwisataan terkini semua orang mau belajar dan sedang mencari informasi jalan keluar. Dan visi kita jelas mengumpulkan standar informasi materi guiding, menjadi referensi utama pariwisata Indonesia, sebagai bukti sahih HPI telah berjalan mengalami banyak hal sejak tahun 1983. 

Akhirnya, lagi-lagi dipesankan SOP HPI bahwa Pramuwisata bekerja menginspirasi peserta perjalanan pembangunan kepariwisataan dunia. Pariwisata ini adalah industri yang sangat besar melibatkan atraksi wisata, transportasi, akomodasi, F&B, kebudayaan, sejarah, geografi, geologi, laut, hutan, industri rumah tangga, dan lain sebagainya. Ini peran negosiasi perjalanan yang patut direnungkan menjadi topik artikel, foto, ilustrasi, dan video kinerja Pramuwisata. Saatnya, kita mulai menyusun standar storytelling, materi interpretasi guiding, melayani pasar virtual tour, pengayanaan artikel dalam rangka pembangunan SDM Pramuwisata Indonesia. Bersama kita bisa menjayakan HPI, karena pramuwisata berhijrah berani mengatasi keadaan menjadi lebih baik. Jayalah selalu (mcnews/amm).

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama