Pariwisata Gorontalo Mendunia Bersama DPD HPI Gorontalo (2)

 

Spot Snorkeling Karang Putih

A. Wildlife Hutan Nantu Dan Hutan Hungayono

Kondisi alam yang memiliki hutan hujan yang cukup lebat dan terbagi di beberapa wilayah menjadikan Gorontalo sebagai habitat bagi satwa dan burung  endemik khas Pulau Sulawesi. Babirusa, Anoa, Monyet Hitam Sulawesi, Tarsius, Kus-kus, dan Musang Sulawesi adalah beberapa dari jenis satwa dapat di amati atau di lihat dalam  hutan hujan Gorontalo. Selain itu ada juga beberapa jenis burung endemik khas Sulawesi seperti burung Maleo, Raja udang merah, Julang Sulawesi dan Rangkong. Untuk mengamati satwa dan burung endemik ini bisa di lakukan di dua spot pengamatan yaitu Cagar Alam hutan Nantu dan Hutan Hungayono yang berada di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo.  Jarak dari Kota Gorontalo atau bandara ke dua lokasi pengamatan ini pun tidak terlalu memakan waktu yang cukup lama dan juga memiliki pemandangan yang cukup indah saat perjalananan menuju ke lokasi seperti hamparan sawah dan kebun jagung. 

Hiu Paus Batu Barani Gorontalo


B. Explore Underwater Gorontalo

Sebagai salah satu daerah yang memiliki wilayah perairan yang cukup luas dan juga beberapa pulau-pulau satelit, membuat Gorontalo menjadi salah satu daerah yang sangat indah untuk kehidupan bawah airnya. Dengan air laut yang cukup jernih dan jarak pandang yang cukup baik saat menyelam salah satu yang paling menarik untuk di lihat adalah karang Salvador Dali yang  memang hanya dapat di temukan di perairan Gorontalo bahkan menjadi karang endemik karena tidak dapat lagi di temukan di perairan belahan dunia lainnya. Selain itu wisatawan juga bisa bermain main dan berenang dengan hiu paus atau Whale Shark yang merupakan salah satu ikan terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri  daerah untuk mengamati hiu paus ada di Berau Kalimantan dan teluk cendrawasih Papua. Selain karang Salvador Dali dan ikan Hiu Paus, wisatawan juga bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan snorkeling di beberapa spot underwater view seperti Karang Putih, Pulau Mohinggito, Pulau Bitila, Pulau Lahe dan Kayu Bulan.


Dubes RI di Rusia pada pameran di Moskow dan St. Petersburg
di Depan Foto Pakaian Adat Gorontalo


C. Gorontalo Culture.

Kebudayaan Gorontalo atau adat istiadat Gorontalo memang salah satu hal yang menarik untuk di lihat saat berkunjung ke Gorontalo. Sebagai salah satu suku yang mendiami Pulau Sulawesi, Suku Gorontalo mempunyai banyak atraksi budaya yang sangat berbeda dengan suku-suku lain yang ada di Sulawesi. Salah satu yang paling menarik untuk di lihat adalah budaya pernikahan suku Gorontalo. Ketika wisatawan ingin melihat atraksi budaya pernikahan Suku Gorontalo,maka akan terlihat dengan jelas nuansa adat istiadat yang masih di peihara atau di lestarikan seperti bagaiamana proses dari saat pelamaran seorang gadis oleh calon mempelai pria sampai dengan ketika mempelai pria dan wanita bersanding di kursi pelaminan. Salah satu fotografer budaya yang cukup terkenal di Rusia Sergey Kovalchuk yang di handle langsung oleh DPD HPI Gorontalo mengatakan dari semua pernikahan yang telah di liput dan datangi di Indonesia, Gorontalo merupakan daerah yang cukup lengkap penyajian dan interpretasi budaya pernikahannya. Saat pameran foto kebudayaan Indonesia di Rusia salah satu yang di perlihatkan dan menarik perhatian adalah pakaian khas suku Gorontalo yang di gunakan saat pernikahan berlangsung.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati dan explorasi keindahan destinasi Gorontalo sangatlah mudah untuk berkunjung atau datang ke Gorontalo. Gorontalo sendiri memiliki bandara yang terkoneksi langsung ke Makassar dan Manado sebagai bandara Internasional. Ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ke Gorontalo setiap harinya  seperti Garuda Airline dan Lion Air. Selain itu Gorontalo juga memiliki pelabuhan laut yang terhubung langsung ke beberapa daerah di Indonesia seperti Bitung di Sulawesi Utara dan Makassardi Sulawesi Selatan. Dan untuk akomodasi penginapan, Gorontalo juga memiliki beberapa hotel berbintang seperti Aston Hotel, Grand Q Hotel dan Maqna Hotel. Sedangkan untuk rumah makan dan restoran Gorontalo juga memiliki beberapa tempat yang cukup menarik untuk di kunjungi seperti Angelato Resto, Saung Telaga, dan Rumah Makan Raja Tuna. Bagi wisatawan yang ingin berburu kuliner khas Gorontalo, ada beberapa makana khas Gorontalo yang patut di coba seperti Milu Siram dan Ilabulo Hal menarik lainnya yang patut di coba adalah mengelilingi dan menyusuri kota Gorontalo menggunakan kendaraan khas Gorontalo yaitu Bentor atau becak Motor. Bentor sendiri merupakan alat transportasi murah yang tidak lepas dari aktifitas kegiatan sehari-hari bagi masyarakat Gorontalo,bahkan sebagian besar masyarakat Gorontalo pekerjaanya adalah sebagai pengemudi bentor.

Tidak dapat di pungkiri membuat atau menjadikan Gorontalo sebagai daerah destinasi wisata memang tidaklah mudah. Butuh keseriusan dan solidaritas tinggi dari pihak pemerintah sebagai pembuat regulasi kebijakan untuk bekerjasama dengan stake holder terkait. Peran akademisi ,praktisi dan masyarakat pun sangat di butuhkan dalam setiap proses rencana pengembangan destinasi wisata. DPD HPI Gorontalo dalam hal ini sebagai praktisi akhirnya bisa membuktikan kepada pemerintah dan masyarakat Gorontalo bahwa Gorontalo bisa menjadi destinasi wisata asalkan itu di lakukan secara serius dan solidaritas tinggi. Bahkan tiga destinasi wisata special interest Gorontalo pun bisa mendunia dan membawa efek ekonomi bagi masyarakat sekitar daerah destinasi wisata. Bagi pemerintah Gorontalo sendiri sangat apresiasi dengan pencapaian yang di peroleh oleh DPD HPI Gorontalo. Terbukti untuk agenda promosi destinasi wisata Gorontalo baik di dalam negeri maupun luar negeri DPD HPI Gorontalo adalah salah satu asosiasi yang di libatkan dalam tim promosi. (hardi a gani/dpd hpi gorontalo)


0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama