Tugas Humas Melancarkan Kerja HPI

Editorial Mcnews. Rakor daring Humas HPI (18/12) yang diinisiasi Media Center News HPI dihadiri oleh jajaran DPP, DPD, dan DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia seluruhnya 61 participan dimana rapat Jumat ini berjalan dari jam 15.00 hingga 16.45 WIB. Dalam pengantarnya Ketum DPP Sang Putu Subaya mengingatkan pentingnya Humas dalam mengakselerasi program kerja Pengurus di setiap jajaran, bidang atau Sie Humas menjadi pusat aktivitas organisasi yang bisa mengangkat marwah HPI dalam layanan kepariwisataan Nasional. 

Peserta Daring Rakornas Humas DPP HPI


Kabid Humas DPP Andi Mudhi’uddin dalam paparannya menekankan visi kerja kehumasan, bahwa mandatorinya dan ini berlaku di tingkat daerah demi menguatkan kapasitas kepemimpinan HPI sebagai ujung tombak Tourism services bagi seluruh urusan layanan wisata (3), pariwisata (2), dan kepariwisataan  (1) sebagai keutuhan peradaban. Disini humas tidak membuat kebijakan baru tetapi bertugas mensinergikan program kerja pengurus lain di bawah kepemimpinan Ketua Umum. Perannya lebih membantu relasi ke kesekretariatan, informasi diklat, bidang-bidang lain pada menyebarkan informasi kepariwisataan, berita organisasi, dan dinamika organisasi, serta memotivasi Anggota dalam menjalankan konstitusi pramuwisata. 

Pedoman Konstitusi HPI

Sosok humas berporos tugas-tugas layanan, kebersamaan dan pemberdayaan. Public Relation is not Personal Relation, maka dinamisator perkumpulan itulah sosok Humas.  Sebab itulah Humas menjadi roh gerakan Pengurus menegakkan lima prinsip berorganisasi, berupa pedoman ideal berupa Anggaran Dasar HPI, aturan fungsional Anggaran Rumah Tangga, ketentuan operasional Pedoman Organisasi, rujukan profesional SOP HPI, dan sandaran etik yaitu Kode Etik HPI. Kita patut bersyukur dalam perjalanan panjang ini asosiasi HPI telah memiliki pedoman profesi elementer paling lengkap di antara pekerja kepariwisataan di Indonesia.

Sungguh himpunan Tour Guide ini merupakan tempat pengabdian menjadi pekerja kepariwisataan ideal. Tentang tugas fungsinya disinggung tiga kata kunci profesional komunikasi, sinergi dan kerja sama sungguh Pramuwisata Indonesia perlu memahami Pasal 6 Ayat 1 AD; bahwa HPI bertujuan menghimpun, mempersatukan, meningkatkan, dan membina Pramuwisata Indonesia agar lebih berdaya,berhasil guna bagi kesejahteraan dan kehidupan diabdikan bagi kelestarian Pariwisata Indonesia. 




Kultur Kerja Kehumasan HPI

Pramuwisata bekerja melayani urusan wisasta, menembus relasi pariwisata demi tujuan pemahaman utuh kepariwisataan nasional. Pemahaman ini diisyaratkan dari kelima pokok konstitusi pramuwisata di atas menuntut individu Anggota, dan apalagi Pengurus untuk aktiv, dinamis, dan kreatif menjalankan perannya di  masing-masing struktur organisasi. Pramuwisata adalah agen nasionalis yang menjunjung tinggi etika kerja dan profesi. Setiap pribadi bekerja di pusat ekosistem kepariwisataan, dia patut aktif berlatih memantaskan diri unggul, bermanfaat dan membiasakan kerja kreatif bersama kolega lain. Pramuwisata harus move on mampu meninggalkan Zona Nyaman profesi dengan menemukan kran-kran kerja baru dan kesibukan positif lain yang masih beririsan kerja.


Maka aktivita praktek kehumasan itu antara lain memperbanyak berita info destinasi, menulis materi pemanduan wisata, memberitakan aktivitas HPI lewat banyak media, profesi dan potensi daerah dengan menulis, memberitakan, melatih, menebar foto destinasi dan video kelebihannya kepada dunia. Bagi pramuwisata sejak Juni 2020 tersedia Media Center News HPI (MCNEWS) dengan kanal-kanal WhatsApp gorup, beberapa medsos Twitter, IG DPP HPI, FB HPI Nasional Media Center, Forum HPI Nasional dan lainnya.


Menerbitkan Handbook Guiding Nasional

Humas berperan sentral memuncul banyak kreator seni dan budaya, karena Pramuwisata kaya sekali dengan pengalaman storytelling dan interpretative guiding. Jam terbang kerja lapangan itu cukup untuk bisa direkam, dituliskan, divideokan, diviralkan lewat Mcnews. Dan memang dalam Rakos Humas kemarin itu muncul tekad kuat berasal dari Ketum Sangtu Subaya, di akhir kepemimpinannya lahir Majalah Cendrawasih yang berkualitas. Gayung bersambut sesuai harapan nasional, agar HPI melahirkan pedoman Guiding Handbook, maka lewat Group Humas inilah kerja ini dimulai. Diagendakan peran humas memudahkan terbitnya buku melalui karya tulis 216 DPC Nasional.

Guiding HANDBOOK NASIONAL direncanakan terbit September 2021 atas usaha pembiayaan sposor seluruh Indonesia. Buku ini berasal dari kreativitas Pramuwisata yang mulai diupload di website www.mediacenterhpi.com yang kemudian dilengkapi dan disempurnakan sehingga menjadi dokumen profesi untuk dibagikan dan menjadi rujukan kolega Pramuwisata HPI. Buku berisi artikel pariwisata, seni, dan budaya 380 halaman materi standar kepemanduan wisata dari 34 destinasi pariwisata nasional seluruh wilayah kerja DPD HPI. 

Media Humas DPP mendorong munculnya 5 artikel unggulan destinasi Daerah dari masing-masing 34 DPD Se-Indonesia. Target nya terkumpul minimal terpilih 150 naskah Guiding HandBook dan proses penerbitannya. Ketentuan Artikel yang dikirim ke mcnews topik; sejarah, budaya dan kepariwisataan, kecuali jika info terkait program kerja HPI, maka aktivis humas daerah harus sepengetahuan DPC dan DPD HPI setempat. Jadi sinergi kehumasan di sini menjadi harapan tugas, humas murni membantu tujuan Pengurus HPI sesuai tingkatan dan aturan organisasi. Jayalah HPI. Jayalah selalu.. (mcnews/amm)


1/Post a Comment/Comments

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~ :))

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama