Horas Tapteng ! (Tapanuli Tengah) : Negeri Wisata Sejuta Pesona (2)

Oleh :  Zuardi Mustafa Simanullang  (DPC HPI Tapanuli Tengah-Sumut)

Sektor Pariwisata sangatlah menjanjikan untuk mengembangkan perekonomian warga dan meningkatkan sumber pendapatan asli desa (APBdes), untuk itu kita memanfaatkan potensi pantai Sibintang yang memang Indah dan asri dilatarbelakangi pohon Cemara laut yang masih hijau dengan pasirnya yang putih dengan hempasan ombak yang memukau. Pemerintah desa Sibintang melalui Kepala desa Ahmad Tarihoran telah menggalang kerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah untuk memoles kawasan pantai Sibintang dengan melengkapi sarana parasarana fasilitas pendukung Pariwisata. 

Desa Sibintang ini sudah diberkahi keindahan alam misalnya berada dikaki Bukit pegunungan nan hijau dilengkapi air terjun Gorbus, punya budaya yang masih orsinil yang mampu membuat wisatawan jatuh hati warganya masih hidup dengan nilai -nilai budaya luhur yang masyarakatnya masih menjaga nilai -nilai Kebudayaan dan kearifan lokal. 

Selain pantai Indah Sibintang salah satu objek wisata pantai didaerah Tapanuli Tengah yang saat ini lagi Kren -Krennya dan paling ramai dikunjungi wisatawan adalah objek wisata pantai Indah Kualo Barangbang Kec Sosorgadong setelah lokasi ini dipoles dan dibenahi oleh Pemerintah Desa Barangbang dengan membangun jembatan yang tergolong unik langsung bertaut dari jalan Raya menuju pantai Barangbang maka kawasan inipun tambah mempesona dan tak pernah sepi pengunjung. 


Yang menarik di objek wisata ini adalah keberadaan jembatan yang kontruksinya cukup unik terbentang diatas muara, pemandangannya sangat Eksotis ditumbuhi pohon Cemara laut ditambah lagi muaranya memanjang dengan fasilitas bermain seperti sepeda air dan speed boat yang bisa digunakan pengunjung berkeliling mengitari muara. 

Kepala desa Barangbang Aslen Bondar mengatakan telah memprogramkan fasilitas pendukung yang ingin dilengkapi seperti pembuatan MCK dan sarana ibadah yaitu Musholla, namun akibat terdampak pandemi Covid -19 anggaran dana awal bersumber dari Dana Desa tahun 2020 distop sehingga pembangunannya untuk sementara belum dapat dilanjutkan. 

Berkunjung ke Tapanuli Tengah memang banyak sekali objek Pariwisata menarik yang patut dikunjungi, namun belum lengkap apabila pengunjung tidak singgah sejenak melihat kawasan hutan Mangrove hutan bakau yang ada di pantai Pulo Pane sebuah lokasi wisata Konservasi alam yang menarik, edukasi sekaligus ajang swafoto, menikmati hutan mangrove sambil jalan kaki atau menaiki perahu tentunya sangatlah menyegarkan mata. 

Hutan mangrove atau dikenal dengan sebutan hutan bakau berfungsi dan bermanfaat untuk menahan gelombang air laut yang masuk ke daratan dengan keberadaan hutan bakau maka abrasi atau pengikisan tanah pinggir pantai dapat dikurangi, hutan bakau biasanya terdapat didaerah pinggir garis pantai dan tumbuh diatas rawa yang memiliki air payau atau air tawar bercampur dengan air laut. / Horas Tapteng Negeri Wisata Sejuta Pesona. **


0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama