Pemerintah Bersama masyarakat dan DPC HPI Fakfak bersinergi Membangun Kampung Wisata

Oleh : Humas DPC HPI Kabupaten Fakfak

Menindaklanjuti rencana Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak dalam hal ini melalui BAPEDA LITBANG yang bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (DPC HPI) Kabupaten Fakfak tentang Penyusunan Tapak Fisik Kampung Wisata, yang fokus lokusnya dimulai di Kampung Ugar Distrik Kokas Kabupaten Fakfak. Langkah awal yang dilakukan Tim DPC HPI Fakfak adalah melakukan observasi awal  pada 5 april 2021 di Kampung Ugar dan menemui Bapak Abdul Rahim Baraweri selaku Sekretaris Kampung dan Bapak Achmad Biaruma selaku BAPERKAM.

Berbagai masukan disampaikan seperti, membuka lahan wisata dan adanya perhatian lebih kepada masyarakat setempat dalam hal Penyusunan Tapak Fisik Kampung Wisata yang akan dilaksanakan. Selain itu adanya pendampingan serta edukasi tentang bagaimana mempromosikan potensi serta lokasi wisata kampung Ugar sehingga bisa dikenal dan menarik minat wisatawan untuk berkunjung obyek wisata di wilayah tersebut. 

Ketua Baperkam Kampung Ugar, Ahmad Biaruma pada kesempatan yang sama menceritakan  pada hari Kamis 1 April 2021, tepat pada pukul 08.00 Wit, terlihat penyu belimbing bermain disekitar perairan Kampung Ugar. Selain itu, dalam bulan April ini akan dilakukan pembukaan  kera-kera, namun sebelumnya harus ada kesepakatan atau penawaran terlebih dahulu, kepada penada atau pembeli agar hasil laut mereka dapat menunjang perekonomian masyarakat Ugar itu sendiri. 

Sedangkan Sekretaris Kampung Ugar Abdul Rahim Baraweri menjelaskan kesiapan masyarakat Ugar mengenai kampung wisata bakal siap setelah lebaran nanti dan untuk saat ini untuk sementara dalam tahap pembersihan pantai. Sekeretari Kampung menambahkan, satu spot wisata yang memiliki daya tarik tersendiri yaitu Air konda, dimana spot tersebut sangat jernih ketika berada diantara pertengahan pasang-surut. Untuk rencana awal masyarakat kampung Ugar akan membuat menara pandang di antara pulau-pulau kecil yang menghadap kampung Ugar,  dengan demikian diharapkan pedampingan serta ide-ide kreatif guna promosi dan perkembangan spot wisata yang ada di Kampung Ugar. 

Sementara masukan dari tim DPC HPI Fakfak untuk aparat kampung  antara lain,   Pembuatan Gazebo yang yang menonjolkan ke kearifan budaya lokal sehingga tidak sama seperti Gazebo-gazebo lainnya. Dan yang tidak kalah penting adalah tersedianya sarana MCK serta perwatannya, pembuatan papan informasi mengenai lokasi wisata, tersedianya buku tamu sehingga mempermudah administrasi kampung. Serta menentukan lokasi spot foto yang menarik  agar lebih efesien ketika dalam pengambilan gambar atau memotret.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama